15/09/07

Arief Berbagi...

Saya memang tidak secara langsung mengetahui peristiwa itu. dan tidak ingat persis dimana saya tgl 13-14 mei itu, selain bahwa terjadi pembakaran dimana-mana dan kendaraan umum sulit didapat. Saya jalan kaki pulang dari tempat saya kerja dibilangan grogol sampai di slipi (JDC) lalu menyambung kendaraan umum dan sambung truk yang disediakan tentara utk mengganti bus yang tidak operasi ke kantor isteri saya di menteng. Di sepanjang jalan pemandangan menyedihkan melihat orang dengan wajah gembira bercampur kikuk menggotong barang2 jarahan. Lalu saya dan isteri naik kereta api ke lenteng agung, didalam kereta pun banyak orang membawa barang jarahan, bahkan meja kerja pun dibawa naik kereta! pasar minggu terbakar. semua serba absurd.

Menyedihkan melihat toko-toko ditulisi dengan cat: "milik pribumi", "milik muslim" dan seterusnya. Namun ketika saya ikut meronda didaerah Alfa Indah kebon jeruk, dimana mayoritas warga alfa indah adalah etnis tionghoa, saya menemukan pengalaman indah. Ketika isu tersebar di warga alfa indah bahwa ada beberapa truk tak dikenal akan menyerbu perumahan alfa indah. Warga Alfa indah yang bukan-Tionghoa ada yang memasang sejadah/alas sembahyang di pagar rumahnya. Namun ada seorang perempuan tua yang tidak mau memasang sajadah di pagar rumahnya: dia merasa sedih dan tidak enak, katanya: "kalau saya pasang sajadah dipagar rumah, kok seakan-akan mau bilang: 'silakan jarah rumah tetangga saya' jangan rumah saya". Saya masih kagum pada cara pandang ibu itu. semoga bangsa ini akan semakin dewasa dan punya cara berpikir seperti ibu itu.

Mari kita peringati 10 tahun mei 98.
Mari kita buat monumen (dalam arti sesungguhnya) untuk mei 98. agar anak cucu kita tidak mengulangi lagi tragedi kemanusiaan demikian.

2 komentar:

stanley mengatakan...

www.kerusuhan-mei-1998.blogspot.com
semoga TUHAN memberi hukuman setimpal bagi para pelaku Intelektual dan semoga TUHAN menunjukkan KUASANYA dengan memberikan mereka (para pelaku intelektual peristiwa mei 1998) dapat mengaku kepada publik kronologi perencanaan dan tujuan pelaksanaan sebelum mereka dibawa ke neraka tempat penampungan selamanya.

stanley mengatakan...

www.kerusuhan-mei-1998.blogspot.com
Ya TUHAN
BERIKANLAH KEADILAN BAGI PARA KORBAN
Ya TUHAN
TUNJUKKANLAH KUASAMU, BUATLAH PARA PELAKU INTELEKTUAL (YANG MEMERINTAHKAN, MERENCANAKAN,DAN YANG MELAKUKAN) AGAR MEREKA SEMUA BERANI MENGAKUI SEMUA YANG TELAH MEREKA LAKUKAN KEPADA PUBLIK, SEBELUM MENJATUHKAN MEREKA KE NERAKA TEMPAT HUKUMAN MEREKA SELAMANYA
AMIN